Resep Tumis Jamur Merang Minyak Cabe

Koleksi pribadi

Halo Patuanganers...

Selama pandemi ini, kita 'dipaksa' untuk mengolah makanan sendiri. Mengurangi jajan makanan jadi. Selain alasan meminimalisir risiko penularan virus, alasan utamanya lebih pada perkara penghematan. Salah satu menu sayur favorit yang selalu ada adalah aneka tumisan. Kali ini, rubrik Patuangan menyajikan tumis jamur merang yang dipadu dengan minyak cabe. Salah satu bumbu yang selalu ada dalam menu-menu masakan oriental. Memasak tumis ini tidak membutuhkan waktu lama. Maksimal 20 menit dari mulai penyajian sampai siap dihidangkan. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan. Dalam rubrik Patuangan, saya tidak akan menuliskan takarannya secara detail. Silahkan bumbu disesuaikan dengan jumlah porsi bahan utama dan juga tentu saja, tergantung selera anda semua. 

Bahan

1. Jamur merang
2. Daun bawang
3. Cabe rawit  
4. Bawang putih
5. Garam
6. Gula pasir
7. Minyak cabe
8. Minyak

Cara Penyajian

1. Cuci semua bahan-bahan sebelum dipotong.
2. Potong jamur menjadi dua. Daun bawang dipotong cukup panjang. Cabe rawit diiris miring.
3. Bawang putih dicincang halus.
4. Panaskan minyak dalam wajan. Saat minyak sudah panas tumus bawang putih sampai harum. Selalu aduk agar bawang tidak gosong.
5. Setelah harum, masukan jamur, tambahkan air sedikit saja atau sesuai selera. Ingat, jamur mengandung cukup banyak air. Jika tidak ingin terlalu berkuah, cukup tambahkan air sedikit.
6. Begitu jamur mulai empuk dan mengeluarkan aroma, masukan garam, gula, dan minyak cabe secukupnya. Aduk sampai merata. 
7. Masukan daun bawang dan cabe rawit. Aduk dan tunggu sebentar sampai agak layu. Setelah semua bumbu pas, angkat dan sajikan.

Tips 
1. Masak dengan api sedang agar jamur tidak cepat matang dan teksturnya tetap kenyal.
2. Ada dua sumber pedas dalam menu ini. Cabe rawit dan minyak cabe. Minyak cabe fungsinya untuk memberi warna merah jadi gunakan sedikit saja. Atau ganti dengan cabe keriting agar sumber pedas cukup dari minyak cabe.
3. Enak disantap saat masih panas.

Selamat mencoba! 
 


Comments