Resep Ayam Ketumbar Singkong


Menu ini bisa dikatakan adalah menu yang memakai metode pan-seared. Metode membakar dengan teflon menggunakan sedikit sekali minya. Ini bukan karena saya memang menggunakan metode ini untuk memasak ayam ketumbarnya, tapi lebih ke alasan teknis. Saya tidak punya alat panggang jadi memilih membakar menggunakan teflon. Cara ini membutuhkan trik-trik khusus. Salah satunya untuk menghasilkan daging ayam yang matang. Saya sendiri bukan penyuka daging yang bagian dalamnya masih basah apalagi setengah matang. Agar ayam matang hingga ke dalam, saya selalu memotong ayam tipis. Apalagi jika yang digunakan itu bagian dada ayam. Untuk bagian paha, karena tekstur dagingnya lebih kenyal dan tidak terlalu tebal, biasanya saya cukup memasaknya lebih lama. Selamat mencoba!    

Bahan-bahan

Ayam tanpa tulang

Sayur pendamping

Singkong


Bumbu Marinasi

Jeruk nipis

Garam

Ketumbar

Merica

Kecap asin

Bawang putih (kalau ingin praktis bisa pakai bawang putih bubuk)


Bumbu oles

Kecap manis 1 sdt

Merica ½ sdt

Ketumbar 3 sdt


Bumbu saos

Kecap manis/saos tiram

Bawang bombai/putih cincang

Merica

Garam

Air

Ketumbar


Langkah-langkah

  • Siapkan ayam tanpa tulang (fillet). Bagian ayam bisa disesuaikan selera. Jika ingin minim lemak pilih bagian dada. Jika ingin tekstur daging yang empuk berair, pilih bagian paha bawah-atas. Pastikan lapisan daging tidak terlalu tebal agar bagian dalam mudah matang saat proses memanggang.
  • Cuci ayam terlebih dahulu lalu mulai proses marinasi dengan cara mencampur semua bumbu marinasi dan melumurkannya ke seluruh bagian ayam lalu diamkan selama 15-30 menit. Semakin lama dimarinasi, rasa bumbu akan semakin menyerap.
  • Sambil marinasi, rebus singkong dan sayuran sampai empuk lalu tiriskan. Untuk memaksimalkan sensasi rasa pada singkong, setelah direbus sebentar, singkong bisa digoreng sampai kecoklatan.
  • Siapkan bumbu oles yang akan digunakan pada saat memanggang ayam.
  • Siapkan bumbu saos yang akan ditaburkan: Pertama bawang putih dicincang halus. Campurkan dengan kecap manis, merica, garam, ketumbar dan air sedikit.
  • Setelah selesai marinasi, ayam kemudian dipanggang. Bisa menggunakan teflon agar minyak dan bumbu sisa pemanggangan bisa digunakan untuk membuat saos.
  • Ayam dipanggang sampai kecoklatan sambil diolesi oleh bumbu yang sudah disediakan. Pastikan bagian dalam ayam sudah matang. Agar matang sampai ke dalam, api diatur kecil.
  • Setelah ayam matang, angkat. Lalu masukkan berbagai bumbu untuk saos. Koreksi rasa. Siap dihidangkan.   


Comments